Sekar Anindya

just another blog

Ide Inovasi Teknologi

on March 30, 2013

Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, apalagi di Ibu Kota DKI Jakarta, aktifitas setiap orang sangat padat. Mulai dari yang anak-anak, remaja, dewasa, apalagi sebagai orang tua yang sehari-harinya bekerja untuk mencari nafkah. Bahkan pada saat ini tidak menutup kemungkinan bahwa orang tua yang bekerja tidak hanya seorang ayah, tetapi juga sang ibu. Hal ini berdampak pada pengawasan pada anak di rumah. Bagi orang tua yang keduanya bekerja, mereka pasti ingin selalu memastikan keadaan anak baik-baik saja di rumah, maupun ingin memastikan bahwa si anak sudah sampai di rumah dari sekolah atau kegiatan di luar lainnya.

Maka dengan pengontrolan rumah jarak jauh lebih efisien bagi orang tua yang kegiatannya juga padat. Selain itu bagi mereka yang tidak menggunakan jasa pembantu rumah tangga juga dapat tenang meninggalkan rumah karena rumah sudah dilengkapi sistem pengaman kunci rumah. Sistem yang penulis maksud adalah sistem pengiriman data kunci rumah dengan sidik jari melalui sms, yaitu sistem pengunci rumah dengan sidik jari yang sudah dilengkapi data sesuai dengan pemilik sidik jari yang data tersebut akan dikirim melalui sms jika pintu dibuka atau ditutup.

Dengan sistem ini pengontrol adalah handphone orangtua yang dapat menerima pesan singkat (sms) sehingga orangtua dapat mengontrol keadaan rumah siapa saja orang yang masuk rumah, karena yang bisa masuk ke dalam rumah hanya orang yang sudah dimasukkan data sebelumnya. Jadi ini sekaligus lebih menjaga keamanan rumah.

Sistem ini belum diterapkan oleh penulis, sistem ini baru berupa ide inovasi teknologi sebagai salah satu tugas mata kuliah algoritma dan pemrograman kasus elektro sebagai mata kuliah softskill.

Cara kerja sistem pengiriman data kunci rumah dengan sidik jari melalui sms, pertama adalah setiap anggota rumah harus menginput data sidik jari dan namanya. Dengan begitu setiap yang memasukkan sidik jarinya sebagai password kunci rumah data berupa namanya akan terbaca, dan nama itulah yang akan otomatis terkirim melalui sms kepada nomer yang juga sudah ditentukan sebelumnya.

Maka bagi orang yang tidak memasukkan sidik jari sebelumnya tidak dapat masuk ke dalam rumah. Bagi mereka yang berusaha memaksa masuk ke rumah seperti mendobrak rumah atau cara lainnya, maka aka nada alarm yang berbunyi, dan sebuah kode juga akan terkirim otomatis melalui sms bahwa ada pemaksaan masuk ke dalam rumah.

Pintu yang sudah dibuka maka akan terkunci kembali secara otomatis. Jadi siapapun yang akan masuk kembali harus memasukkan sidik jarinya kembali. Kecuali jika akan membuka pintu dari dalam rumah, maka keadaan pintu tidak akan terkunci.

Jadi sistem ini akan lebih menjaga keamanan rumah, serta bagi orang tua dapat mengontrol kapan si anak pulang dan pergi dari rumah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: