Sekar Anindya

just another blog

Tindak Korupsi di Indonesia

on April 19, 2012

Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti gas alam, timah, tembaga, dan emas. Meskipun kaya akan sumber daya alamnya,Indonesiamasih tidak bisa memanfaatkan dengan baik, sehingga kekayaan alam yang dimiliki kurang bisa mensejahterakan masyarakat.

Akibatnya adalah masih banyak masyarakat Indonesia yang berada dalam garis kemiskinan. Salah satu faktor dari masalah ini adalah karena ulah pemerintah yang kurang memperhatikan rakyatnya, bahkan cenderung mementingkan kepentingan pribadi atau kepentingan golongan, seperti tindak korupsi.

Korupsi, satu kata ini sudah sangat umum didengar di telinga masyarakat Indonesia. Banyaknya oknum permerintah yang melakukan tindak korupsi membuat berkurangnya rasa percaya masyarakat terhadap pemerintah. Pemerintah lebih mementingkan kepentingan golongan bahkan pribadinya dari pada memikirkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebenarnya korupsi itu bukan hanya perlu diberantas tetapi juga dicegah. Salah satu caranya adalah dengan pendidikan yang baik dan berkualitas. Kepribadian seseorang dibentuk saat masih berada dibangku pendidikan, maka apabila karakter seseorang dapat terbentuk dengan baik pada masa-masa itu, akan mengurangi kemungkinan tergoda dari hal-hal negatif seperti tindak korupsi di masa yang akan datang.

Maka hal ini harus menjadi perhatian semua kalangan masyarakat untuk mementuk generasi muda yang baik, bukan malah menularkan kebiasaan buruk. Seperti anak kecil yang selalu meniru perbuatan orang dewasa di sekitarnya, begitu juga dengan anak muda yang mencontoh perbuatan orang tua, guru, masyarakat umum, bahkan perbuatan pemerintah. Apabila generasi muda mendapatkan contoh yang tidak baik, maka bisa jadi mereka akan melakukan hal yang sama dikemudian hari.

Pemikiran korupsi adalah tradisi di Indonesia mungkin adalah benar, sayangnya itu adalah tradisi yang buruk. Buktinya adalah dari lembaga atau pemerintah yang pangkatnya belum terlalu tinggi saja sudah melakukan tindak korupsi walaupun masih dalam jumlah yang kecil. Apalagi saat seseorang yang sudah memiliki jabatan yang tinggi, godaan untuk korupsi lebih besar lagi.

Sebenarnya korupsi bisa dicegah dengan satu cara, yaitu kesadaran kita semua untuk tidak melakukannya. Apabila dalam hati sudah memiliki niat untuk melakukan sesuatu, dan bisa menahan nafsu dari godaan, maka yakinlah bahwa hal itu bisa dilakukan. Mulailah dari diri sendiri untuk tidak melakukan perbuatan korupsi, mulailah dari hal kecil, yaitu bersikap jujur.

Apabila setiap individu sudah bisa melakukannya maka negara Indonesia pasti bisa menghapuskan korupsi. Tidak perlu lagi ada Komisi Pemberantasan Korupsi, tidak perlu lagi ada rasa ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan tidak perlu lagi ada kata “korupsi” dalam kamus Bahasa Indonesia. Jadi, marilah kita melakukannya dari diri sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: