Sekar Anindya

just another blog

Mengapa Air Laut Berwarna Biru?

on September 30, 2011

Pernahkah anda berpikir mengapa air laut atau langit terlihat berwarna biru? Jika tidak, berarti anda seperti saya. Sejujurnya saya tidak pernah memikirkan hal ini sebelumnya, padahal ini adalah kejadian alam yang saya lihat sehari-hari. Hari ini kelas saya diberi pertanyaan seperti itu oleh seorang dosen, dan saya langsung berpikir, “mengapa saya tidak pernah berpikir kritis terhadap hal yang terjadi di keseharian saya?”.

Beliau pun menjelaskan bahwa ini terjadi karena penghamburan cahaya. Lalu timbul pertanyaan mengapa warna biru,tidak warna merah atau kuning?. Ternyata karena panjang gelombang cahaya warna biru lebih panjang, sehingga dapat masuk ke dalam air laut.

Saya pun mencari penjelasannya via internet. Dengan bantuan “mbah google” saya mendapat penjelasan lebih lengkapnya dari blogkitabersama.wordpress.com.

Begini penjelasannya :

Siapapun tahu dan kamu tidak akan menyangkal kalo air yang murni itu tidak memiliki warna.

Sama seperti kaca, Bening! Lantas mengapa air laut berwarna biru? And…langit juga berwarna biru?

Cari ketemu cari, akhirnya SEGITIGA berhasil memperoleh data dari fisikaasyik.com bahwa warna biru itu berasal dari cahaya matahari yang memiliki panjang gelombang yang besar. Ketika memasuki atmosfir Bumi, panjang gelombangnya mengecil dan memencar. Panjang gelombang yang baru ini besarnya sama dengan panjang gelombang warna biru. Sebenarnya, peristiwa ini tidak berbeda dengan masuknya cahaya melalui prisma. Cahaya yang masuk bakal terbias menjadi beberapa warna utama: ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Warna ungu memiliki panjang-gelombang tertinggi, dan warna merah terkecil – sehingga muncul istilah ultraungu dan inframerah.

So, bagaimana dengan air laut yang berwarna biru? Hal itu karena pantulan gelombang warna itu. Itulah sebabnya kenapa air di bak mandi anda kadang-kadang terlihat hijau atau biru atau putih. Cahaya matahari sebenarnya berwarna putih. Cahaya putih itu sendiri merupakan gabungan dari berbagai energi gelombang. Kenapa tampak kuning? Tak lain karena terbiasnya gelombang warna biru.

Nggak percaya? Kamu bisa buktiin dengan cara berikut. Arahkan tiga buah lampu bewarna merah, biru dan hijau pada satu layar. Gabungkan dari kegita warna cahaya ini bakal menghasilak warna putih. Lalu coba matikan lampu biru, maka gabungan kedua lampu lainnya – merah dan hijau- akan menghasilkan warna kuning. Masih nggak percaya….lakukan percobaan sendiri!

Nah, begitulah penjelasannya mengapa air laut terlihat berwarna biru. Hari ini saya mendapat dua pelajaran. Pertama tentang proses terjadinya fenomena alam “warna biru pada air laut”, dan yang kedua adalah bagaimana sikap saya menghadapi segala sesuatu yang terjadi sehari-seharinya. Jika ingin menjadi orang yang lebih baik, mungkin seharusnya saya lebih kritis terhadap sekitar saya. Saya harus menaruh lebih banyak menaruh perhatian terhadap hal-hal kecil. Lalu pikiran anak kecil yang selalu bertanya “mengapa begini mengapa begitu” harus tetap ada dalam pikiran saya. Jika sudah terlintas dipikiran tentang sebuah pertanyaan, segeralah meluncur ke “mbah google”😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: