Sekar Anindya

just another blog

Baku Mutu Air dan Limbah Cair

on November 20, 2011

Kriteria mutu air diterapkan untuk menentukan kebijaksanaan perlindungan sumber daya air jangka panjang, sedangkan kriteria sumber air di Indonesia ditetapkan berdasarkan pemanfaatan sumber-sumber air tersebutdan mutu yang diisyaratkan. Baku mutu air limbah dipergunakan untuk perencanaan, perizinan, dan pengawasan mutu air limbah dan berbagai sektor seperti pertambangan, dan lain-lain. Kriteria kualitas baku mutu air limbah ditetapkan berdasarkan karakterisktik suatu sumber air penampungan tersebut dan pemanfaatannya.

Badan air dapat digolongkan menjadi 5, yaitu :

  • Golongan A, yaitu : air yang dapat digunakan sebagai air minum secara langsung tanpa pengolahan terlebih dahulu.
  • Golongan B, yaitu : air baku yang baik untuk air minum dan rumah tangga dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya tetapi tidak sesuai untuk golongan A.
  • Golongan C, yaitu : air yang baik untuk keperluan pertanian dan dapat dipergunakan untuk keperluan lainnya, tetapi tidak sesuai untuk keperluan tersebut pada golongan A dan B.
  • Golongan D, yaitu : air yang baik untuk keperluan pertanian dan dapat digunakan untuk perkantoran, industri, listrik tenaga air, dan untuk keperluan lainnya, tetapi tidak sesuai untuk keperluan A, B, dan C yang dapat dimanfaatkan untuk usaha perkantoran, industri, listrik tenaga air.
  • Golongan E, yaitu : air yang tidak sesuai untuk keperluan tersebut dalam golongan A, B, C, dan D.
  • Limbah cair yang akan dibuang ke dalam air pada sumber air harus memenuhi syarat :
    a. Mutu limbah cair yang dibuang ke dalam air pada sumber air tidak boleh melampaui baku mutu limbah cair yang telah ditetapkan,
    b. Tidak mengakibatkan turunnya kualitas air pada sumber air penerima limbah.

    Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai materi ini :

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air memiliki beberapa golongan, golongan A, B, C, D, dan E dengan kriteria dan kegunaannya masing-masing. maka kita harus menggunakan air dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kriterianya masing-masing. Saat membuang limbah ke air kita juga harus memperhatikan dampak yang ditimbulkan jika kita melakukannya. Jadi, segala sesuatu yang kita lakukan harus memperhatikan sekita kita.

    Sumber :
    - Seri Diktat Kuliah Ilmu Lingkungan Industri. Budi Santoso
    - http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=baku%20mutu%20air.ppt&source=web&cd=17&ved=0CEIQFjAGOAo&url=http%3A%2F%2Fbiologyeastborneo.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2011%2F09%2F5.Pencemaran-Air.ppt&ei=nc7ITtKiL4_JrQfk6ozIDg&usg=AFQjCNGmYzeb1gHDFUaj5_iqmCq7cKQCpg&cad=rja
    - http://www.youtube.com/watch?v=Tao-AadiifY

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: